Lintas Berita :

Latihan Tari Rejang Sedang Marak di Desa Pakraman Galiukir

, 11 Mei 2012

MG-Latihan Tari Rejang pada Pasraman
(MG)-Tari Rejang adalah sebuah tarian yang dilakukan secara masal, gerak-gerik tarinya sangat sederhana (polos) yang biasanya ditarikan di Pura Pura pada waktu berlangsungnya suatu upacara. Tarian ini dilakukan dengan penuh rasa hidrat, penuh rasa pengabdian kepada Bhatara Bhatari.

Para penarinya mengenakan pakaian upacara, menari dengan berbaris melingkari halaman Pura atau Pelinggih yang kadang kala dilakukan dengan berpegangan tangan. Tari Rejang di beberapa tempat juga disebut dengan Ngeremas atau Sutri.

Setiap daerah memiliki khas tarian dan karakter tersendiri yang disebut dengan rejang dresta, begitu pula dengan rejang dresta yang ada di Desa Pakraman Galiukir.

Namun Saat ini Di desa pakraman galiukir tari rejang tersebut tidak saja dapat disaksikan di Pura / Kahyangan, namun hampir disetiap rumah kita bisa melihat orang yang menari Tari Rejang ini baik secara ber-grup maupun menari sendiri untuk berlatih. Di sana-sini terdengar alunan gamelan Tari Rejang.

Hal ini disebabkan program dari Prajuru Adat yang mewajibkan seluruh Krama untuk ikut melaksanakan tari rejang saat Upacara Adat (Pujawali) di Kahyangan. Adalah dalam upaya melestarikan adat dan budaya yang dimiliki sebagai warisan leluhur.

Latihan khusus tari rejang dresta ini dilaksanakan oleh masing-masing Banjar Adat, dipusatkan di Gedung Serba Guna Bapak I Putu Redes dan sekaligus sebagai pelatih tari.

Juga pada pelaksanaan Pasraman anak-anak diselipkan pelajaran tari Rejang, dengan tujuan melatih dan mengenal secara dini tari Rejang tersebut.


Gede (MG) 
Media Galiukir | share :

0 komentar:

Posting Komentar

Semua Komentar, Saran dan Kritik anda adalah landasan kami untuk lebih maju

 
Kontak Kami | Tentang Kami | Sitemap
Copyright © 2013. Media Galiukir - All Rights Reserved

© Email : galiukir-blog@hotmail.com