Lintas Berita :

Ceroring

, 06 April 2013

Dok. MG-Pohon Ceroring
Ceroring dalam bahasa Inggris disebut Langsat, Nama latinnya L. domesticum var. domesticum.  Kebanyakan memiliki pohon yang lebih kurus, berdaun kurang lebat yang berwarna hijau tua, dengan percabangan tegak. Tandan buahnya panjang, padat berisi 15–25 butir buah yang berbentuk bulat telur dan besar-besar. Buah Ceroring berkulit tipis dan selalu bergetah (putih) sekalipun telah masak. Daging buahnya banyak berair, rasanya manis dan menyegarkan. Ceroring tidak bisa bertahan lama setelah dipetik apalagi buahnya lepas dari tangkai. Dalam tiga hari setelah dipetik, kulit ceroring akan menghitam, sekalipun itu tidak merusak rasa manisnya. Hanya saja tampilannya menjadi tidak menarik. Masa panen ceroring tidak menentu tergantung cuaca, biasanya dua tahun sekali. Musim Buah ceroring biasanya bulan Pebruari sampai bulan April.

Populasi pohon Ceroring di wilayah Galiukir masih sedikit, hanya ditanam sebagai tanaman pagar, bukan sebagai tanaman pokok. 



Media Galiukir | share :

1 komentar:

  1. hati2 jangan terlalu banyak mengkonsumsi nya walau rasanya enak ,karena membuat sariawan dan batuk,bila kondisi tubuh kurang fit.

    BalasHapus

Semua Komentar, Saran dan Kritik anda adalah landasan kami untuk lebih maju

 
Kontak Kami | Tentang Kami | Sitemap
Copyright © 2013. Media Galiukir - All Rights Reserved

© Email : galiukir-blog@hotmail.com