Lintas Berita :

Rembrandt van Rijn: Biografi dan Kronologi

, 23 April 2012

Rembrandt-self potrait painting
Rembrandt lahir di Leiden pada 15 Juli 1606, nama lengkapnya Rembrandt van Rijn Harmenszoon. Ia adalah anak seorang tukang giling. Terlepas dari kenyataan bahwa ia berasal dari kondisi keluarga yang relatif sederhana, orang tuanya mengasuh dengan pendidikan. Rembrandt mulai membuat studinya di Sekolah Latin, dan pada usia 14 ia terdaftar di Universitas Leiden. Program ini tidak menarik baginya, dan ia segera meninggalkan untuk belajar seni - pertama dengan guru lokal, Jacob van Swanenburch, dan kemudian, di Amsterdam, dengan Pieter Lastman, yang dikenal karena lukisan sejarah. Setelah enam bulan, setelah menguasai semua yang telah diajarkan, Rembrandt kembali ke Leiden, di mana ia segera jadi sangat dihormati bahwa meskipun hampir 22 tahun, ia mengambil murid pertamanya. Salah satu muridnya adalah Gerrit Dou artis terkenal.
Rembrandt pindah ke Amsterdam pada tahun 1631; pernikahannya pada tahun 1634 dengan Saskia van Uylenburgh, sepupu dari seorang pedagang seni yang sukses, meningkatkan karirnya, membawa dia dalam kontak dengan pelanggan kaya yang bersemangat memesan potret. Sebuah contoh yang sangat baik dari periode ini adalah Potret rutinitas Nicolaes (1631, Frick Collection di New York City). Selain itu, karya-karya Rembrandt mitologis dan agama banyak permintaan, dan ia melukis karya dramatis banyak seperti The Blinding dari Simson (1636, Städelsches Kunstinstitut, Frankfurt). Karena terkenal sebagai seorang guru, studionya penuh dengan murid, beberapa di antaranya (seperti Carel Fabritius) sudah seniman terlatih. Di abad XX, para sarjana telah memesan sejumlah lukisan  untuk asosiasi.

Rembrandt banyak menghasilkan karyanya di rumah mode di kota Amsterdam.  Dibeli oleh seniman di 1639, ketika ia berusia 33, itu terbukti menjadi lokasi tragedi pribadi yaitu istri dan tiga anak-anaknya meninggal di sini. Rumah itu menjadi beban keuangan, dan pada tahun 1660 Rembrandt terpaksa bekerja keras.

Berbeda dengan karir yang sukses di publik lainnya, kehidupan keluarga Rembrandt ditandai dengan kemalangan. Antara 1635 dan 1641 Saskia melahirkan empat anak, tetapi hanya yang terakhir, Titus, selamat hidup. Stoffels Hendrickje, ikut dalam mengurus rumah tangganya pada tahun 1649, yang akhirnya menjadikan khas lukisannya seorang istri sebagai model yang banyak digunakan pada gambar-gambarnya. Meskipun keberhasilan keuangan Rembrandt sebagai seniman, guru, dan pedagang seni, kegemaran hidup mewah memaksanya untuk menyatakan kebangkrutan pada 1656. Inventarisasi koleksi seni dan barang antik, yang diambil sebelum lelang untuk membayar utang-utangnya, menunjukkan luasnya kepentingan Rembrandt: patung kuno, lukisan Renaissance Flemish dan Italia, seni Timur Jauh, karya Belanda kontemporer, senjata, dan baju besi. Sayangnya, hasil dari lelang - termasuk penjualan rumahnya - mengecewakan.

Masalah-masalah ini sama sekali tidak terpengaruh karya Rembrandt, jika ada, kesenian nya meningkat. Beberapa lukisan besar dari periode ini adalah The Bride Yahudi (1665), The Syndics dari Persekutuan Kain (1661, Rijksmuseum, Amsterdam), Batsyeba (1654, Louvre, Paris), Berkat Yakub Anak-anak Yusuf (1656, Staatliche Gemäldegalerie , Kassel, Jerman), dan potret diri (1658, Frick Collection). Kehidupan pribadinya terus dirusak oleh kesedihan. Hendrickje tercinta meninggal pada 1663, dan putranya, Titus, pada tahun 1668 pada usia 27 tahun. Sebelas bulan kemudian, pada tanggal 4 Oktober 1669, Rembrandt meninggal di Amsterdam.

Biografi singkat di atas dari: WEB GALERI OF ART


Media Galiukir | share :

0 komentar:

Posting Komentar

Semua Komentar, Saran dan Kritik anda adalah landasan kami untuk lebih maju

 
Kontak Kami | Tentang Kami | Sitemap
Copyright © 2013. Media Galiukir - All Rights Reserved

© Email : galiukir-blog@hotmail.com