Lintas Berita :

Sabih, Potensi Sumber Mata Air

, 21 April 2012


MG-Mata Air 1 Sabih
Mata air Sabih adalah satu-satunya aset alam sumber mata air yang menjadi harapan bagi masyarakat Galiukir, karena air adalah salah satu kebutuhan dasar manusia. Sumber mata air ini memiliki debit air relatif besar dan relatif konstan disaat musim kemarau. Dari 2 sumber mata air yang ada sekiranya mampu memenuhi kebutuhan seluruh penduduk wilayah Galiukir. namun karena letak geografis yang kurang menguntungkan, masyarakat tidak mampu untuk mengeksploitasi mata air tersebut yakni berada dibawah pemukiman warga dan juga jarak yang cukup jauh dari pusat pemukiman. Akses Jalan menuju mata air inipun masih sangat memperihatinkan. 

Perhatian pemerintah Provinsi Bali melaui Program Penyelamatan Sumber Mata Air pada tahun 2006, telah membuatkan dua buah Reservoar terhadap masing-masing sumber mata air tersebut. Pembangunan bak penampung dan pelindung mata air diharapkan selain pemenuhan akan air minum yang bersih juga akan mengeliminir penyakit-penyakit yang bersumber dari air yang tidak bersih menurut kesehatan. 

Bahwa untuk mendistribusikan air tersebut secara gravitasi ke pemukiman diperlukan Resorvoar utama dengan ketinggian 75 meter diatas sumber mata air. Hal inilah kendala utama pembangunan jaringan mata air tersebut, karena memerlukan dana yang cukup besar dan tidak mungkin masyarakat mampu untuk swadaya.


data debit air sesuai data penelitian bulan Agustus 2003 oleh 
Bapak I Dewa Made Cipta Santosa, MA dan kawan-kawan 
dari Polikteknik Udayana Denpasar.

Debit m3/jam

Mata Air 1
3,59

Mata Air 2
3,79 

Total :
7,38





Media Galiukir | share :

0 komentar:

Posting Komentar

Semua Komentar, Saran dan Kritik anda adalah landasan kami untuk lebih maju

 
Kontak Kami | Tentang Kami | Sitemap
Copyright © 2013. Media Galiukir - All Rights Reserved

© Email : galiukir-blog@hotmail.com